Penyebab Dan Dampak Maraknya Pergaulan Bebas Di Kalangan Remaja Saat Ini

Pergaulan bebas adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang yang mana kata “Bebas” dimaksud dengan melewati batas-batas norma yang telah ditetapkan oleh hukum maupun norma tak terlihat yang diciptakan oleh masyarakat.

Menurut KBBI kata pergaulan memiliki arti kata menjalin hubungan dengan masyarakat. sedangkan kata bebas memiliki arti lepas atau tidak terikat. jadi dapat disimpulkan bahwa pergaulan bebas merupakan jalinan hubungan dengan masyarakat yang lepas atau tidak terikat.

Indonesia merupakan negara yang memiliki nilai dan norma berdasarkan agama, suku, budaya dan jenis kelamin. Norma inilah yang membatasi sikap dan perilaku seseorang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam hidup masyarakat. Berkaitan dengan pergaulan bebas, hal ini sudah menjurus ke perilaku negatif atau perbuatan buruk.

Era globalisasi dengan berkembang pesatnya teknologi saat ini tidak sedikit kalangan remaja yang terjebak dalam pergaulan bebas. Seperti halnya pecandu alkohol, seks bebas, konsumsi obat-obatan terlarang. Di era modernisasi saat ini sangat mudah bagi kalangan remaja untuk mengakses informasi yang berbau pergaulan bebas. Seperti yang kita ketahui usia remaja merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju dewasa, yang dimana rasa ingin tahu yang sangat tinggi.

Pergaulan bebas ini dikaitkan dengan krisisnya moral pada remaja saat ini, Indonesia terkenal akan negara yang ramah, sopan, santun dan beragama, namun saat ini rendahnya nilai moral pada remaja yang seharusnya para remaja inilah yang diharapkan nantinya melanjutkan perjuangan bangsa.

Dalam beberapa waktu akhir ini kasus pergaulan bebas dikalangan remaja sangatlah memprihatinkan, banyaknya kasus seks bebas atau seks sebelum pernikahan, yang tidak sedikitnya banyak remaja yang harus putus sekolah akan hal tersebut, butuh upaya yang ekstra untuk mencegah adanya pergaulan bebas pada remaja.

Adapun beberapa penyebab terjadinya pergaulan bebas pada remaja:

1. Tingkat pendidikan keluarga yang rendah

Keluarga merupakan orang terdekat bagi seorang remaja, dimana keluarga bisa mengontrol pergaulan anak remaja, jika adanya kurang perhatian keluarga terhadap seorang anak remaja, hal tersebut dapat memicu terjadinya pergaulan bebas, karena seorang anak yang merasa haus kasih sayang, dan mencari perhatian lebih dengan cara yang salah, yaitu bisa jadi pergaulan bebas.

2. Keluarga Broken Home

Ketidak harmonisan dalam rumah tangga, juga dapat menjadi penyebab terjadinya pergaulan bebas pada seorang remaja. Broken home tidak hanya terjadi pada orang tua yang telah bercerai saja, namun rumah tangga yang tidak harmonis juga termasuk dalam broken home.

Mengapa broken home menjadi salah satu penyebab terjadinya pergaulan bebas pada remaja?

Karena ketidak harmonisan keluarga dapat berdampak buruk bagi seorang anak, dimana kondisi seseorang yang merasa tidak ada nya rumah untuk pulang. Lalu seseorang mencari tempat yang mungkin dia dapat diterima atau mencari kesenangannya dengan cara yang berdampak negatif pada dirinya sendiri yaitu pergaulan bebas.

3. Faktor Lingkungan

Ruang lingkup pertemanan yang salah atau pertemanan yang tidak sehat dapat menjerumuskan seseorang kedalam pergaulan bebas. Seperti pepatah mengatakan “jika kamu bergaul dengan penjual minyak wangi maka kamu akan ikut wangi, dan jika kamu bergaul dengan penjual minyak tanah maka kamu juga akan ikut bau minyak tanah”. Dari pepatah tersebut dapat disimpulkan lingkungan pertemanan sangatlah berpengaruh pada perilaku seseorang.

Pilihlah lingkup pertemanan yang dapat mengajak kebaikan seperti mengajak belajar bersama. hindari lingkungan pertemanan yang toxic dan yang menjerumuskan kedalam hal yang tidak baik

4. Faktor Ekonomi

Tidak sedikit kasus dari pergaulan bebas dikarenakan oleh faktor ekonomi, banyak anak yang harus putus sekolah dikarenakan ekonomi yang rendah, hal tersebut memicu remaja yang putus sekolah untuk bergabung dengan teman-temannya yang senasib. Alih-alih lingkup pertemanan yang sama-sama berjuang untuk bisa sekolah namun bisa saja secara tidak sadar malah terjerumus kedalam pertemanan yang tidak baik (pergaulan bebas).

5. Gaya Hidup

Modernisasi yang saat ini juga menjadi salah satu penyebab terjadinya pergaulan bebas. banyaknya remaja yang berkiblat pada budaya barat agar terlihat gaul dan keren, jika tidak mengikuti tren akan dianggap tidak kekinian atau ketinggalan zaman. Menormalisasikan seks bebas, meminum alkohol, dan merokok, hal inilah yang seharusnya sangat dihindari oleh para remaja, karena negaa kita merupakan dengan dengan nilai norma dan aturan yang seharusnya ditaati.

6. Kurangnya wawasan agama

Indonesia merupakan negara beragama, dimana aturan nilai norma berlandaskan dari agama. Kurangnya wawasan agama dapat menyebabkan seseorang terjerumus dalam pergaulan bebas. Seperti halnya seks sebelum pernikahan sangatlah dilarang oleh agama. maka dari itu penting bagi keluarga untuk mengajarkan wawasan tentang agama sedari kecil. Sebagai upaya untuk mencegah pergulan bebas dan juga sebagai kontrol terhadap diri sendiri jika akan melakukan hal-hal yang tidak baik.

Dari penyebab pergaulan bebas yang telah disebutkan diatas adapun juga dampak bagi seorang remaja yang terjerumus di pergaulan bebas:

Akibat dari seks bebas hingga terjadi hamil diluar nikah, seorang remaja dapat melakukan hal yang tidak terpuji seperti halnya menggugurkan kandungan hingga melakukan aborsi, selain itu pelaku seks bebas juga dapat terkena penyakit menular seksual misalnya HIV/AIDS dan sifilis.

pergaulan bebas dapat menyebabkan prestasi akademik seorang remaja menurun, yang awalnya malas-malasan karena merasa sudah menemukan dunia baru di pergaulannya, bisa jadi sampai putus sekolah

Moral yang rendah, sikap sopan dan santun yang luntur dikarenakan oleh pergaulan bebas menjadi amat sangat berani dan tidak menghargai kepada orang yang lebih tua, selalu menganggap apa yang dilakukannya itu benar.

Tingkat kriminalitas yang tinggi, berusaha mendapatkan apa yang dia inginkan dengan cara yang salah seperti halnya mencuri, hingga membunuh seseorang.

Dari beberapa penyebab dan dampak yang telah disebutkan diatas, ada baiknya sebagai upaya untuk mencegah seorang remaja terjerumus dalam pergaulan bebas, perlu pengawasan penuh dari orang tua kepada sang anak. Sering melakukan komunikasi dengan anak hingga orang tua tau apa yang diinginkan oleh seorang anak dan tidak terjadi miss komunikasi yang akhirnya dapat membuat anak masuk ke dunia pergaulan bebas, serta perlunya edukasi yang dilakukan di sekolah-sekolah supaya mengetahui apa saja dampak-dampak yang akan terjadi jika mereka ikut dalam pergaulan bebas.

 

Baca Juga :

Nana4D

Nana4D

Agen Toto

Nana4D

Nana4D

Nana4D

Nana4D

Nana4D

Nana4D

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *